Mau Tahu Gaji Programmer di Kantoran?

Menjadi lulusan IT terkadang memiliki dilema sendiri, dari pengalaman, beberapa teman lulusan IT memilih bekerja bukan pada bidangnya setalah lulus. Dengan anggapan kemampuan coding yang rendah, tentu malah bisa merepotkan dikemudian hari jika harus bekerja sebagai programmer di perusahaan. Namun tidak semua seperti itu, beberapa teman lulusan IT lainnya masih “setia” dengan keahliannya di bidang programming, meski hanya satu dua orang saja yang bekerja di perusahaan. Kebanyakan programmer masih mengandalkan pendapatan dari freelance. Kita tahu sendiri, dewasa ini perkembangan situs perekrutan freelance mulai marak, dari yang asli Indonesia sampai dari luar negeri. Pendapatan dari freelance seperti ini memang besar untuk setiap project yang berhasil kita tangani, namun tentu saja, pendapatan ini tidak pasti, karena kita harus bersaing dengan para freelancer lainnya.

lowongan kerja terbaru di perusahaan startupSebenarnya bagi programmer tidak ada salahnya mencoba melamar pekerjaan di perusahaan, selain pendapatan yang stabil tiap bulannya, tentunya juga masih bisa membuka jasa freelance, namun harus hati-hati jangan mengerjakan project freelance di tempat kerja. Tapi banyak programmer yang enggan untuk bekerja di perusahaan, karena anggapan mereka gaji programmer di perusahaan kecil tidak sebanding dengan apa yang dihasilkan. Sayangnya, memang kebanyakan perusahaan seperti itu, apalagi perusahaan lokal, sehingga sudah tertanam dipikiran programmer bekerja di kantoran cuma digaji kecil.

Saat ini perkembangan startup yang berkecimpung di bidang teknologi sudah meningkat di Indonesia, selain startup lokal tentunya banyak juga startup dari luar negeri yang mempunyai co-working space di Indonesia. Ini bisa menjadi kesempatan bagi para programmer untuk mencoba bekerja, mencicipi suasana seperti kantor, dan tentu saja menambah relasi dan pengetahuan. Untuk masalah gaji tentu berbeda dengan perusahaan lokal, di startup gaji programmer lebih tinggi artinya memang programmer lebih di hargai bekerja di startup, apalagi startup asing, gaji programmer bisa sampai 10 juta!

Jadi kenapa tidak mencoba bekerja di startup? Meski tidak berdasi atau berjas atau malah cuma berkaos tapi penghasilan lebih tinggi dari bekerja di perusahaan besar. Saat ini ada banyak lowongan kerja yang membutuhkan programmer di startup, baik yang berada di Jakarta maupun dimana saja, ya…beberapa startup mengijinkan karyawannya bekerja dengan sistem remote yang bisa dikerjakan dimana saja. Tertarik mencoba bekerja di startup?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s